Rabu, 23 Februari 2011

PENYEDIAAN ELECTRICAL,CONTRACTOR,PENANGKAL PETIR/GROUNDING SYSTEM,CADWELL,SUMUR BOR/DEPWELL

CV.EKA DWI PUTRA
ELECTRICAL,CONTRACTOR,PENANGKAL PETIR/TOWER GROUNDING SYSTEM,CADWELL,SUMUR BOR/DEPWELL


Instalasi Penangkal Petir


Bahaya Dan Ancaman Dari Petir :
Bahaya dan ancaman Petir terus  mengintai kita, rumah kita maupun pabrik kita, apalagi seiring datangnya musim hujan yang disertai badai.

Sudahkah bangun rumah, pabrik anda dilindungi dari ancaman sambaran petir ? Jika belum dan sebelum terlambat, segeralah hubungi kami di telpon 021-8357163.

Penangkal petir, penangkal petir rumah, penangkal petir gedung, penangkal petir kantor, penangkal petir pabrik ditempat anda bermasalah ?
Temukan solusinya di CV.EKA DWI PUTRA
Bahaya Induksi (Sambaran Petir secara tidak langsung) :
Petir selain bisa menyambar lewat gedung sudah dilengkapi penyalur petir jenis elektrostatik atau radius, petir bisa juga menyambar lewat jaringan listrik PLN yang terbuka, umumnya jaringan listrik terbuka masih banyak digunakan negara tertentu seperti di Indonesia. Arus petir yang merusak perangkat panel (saklar tukar otomat) bukan menyambar pada bangunan yang sudah dipasang penangkal petir, melainkan mengenai jaringan listrik PLN dan arus petir ini masuk ke bangunan mengikuti kabel listrik dan merusak panel listrik tersebut.
Jadi biasanya sambaran petir mengenai jauh dari bangunan yang terlindungi oleh penangkal petir elektrostatik maupun radius yang terpasang digedung tersebut. hal ini sudah biasa terjadi karena kabel distribusi PLN memakai kabel distribusi terbuka/telanjang dan letaknya tinggi, seperti yang terpasang di jaringan listriktegangan tinggi di kota-kota di Indonesia.
Untuk penanganan agar tidak terulang kembali maka perlu sekali jaringan listrik yg ada didalam gedung dilengkapi oleh perangkat arrester (penahan surja) (pelepas tegangan lebih). Jenis dan merk dari arrester ini banyak sekali yang tersedia di pasaran umum, yang jelas pemasangan arester ini harus berlapis dan tetap harus terhubung ke grounding bumi.
Pemasangan lapis 1 : ARRESTER UDARA sebuah lempeng 2 kutub dengan kerenggangan tertentu yang dikonek antara kutub positif (+) dan grounding, jumlah arrester ini di sesuaikan dengan Kutub Positif yang ada (FASA).
Pemasangan lapis 2 : ARRESSTER VARRISTOR yakni jenis perangkat arrester yg dengan sistem Metal Okside Varistor , dengan teknik pemasangan yg sama.
Prinsip pengamanan 2 lapis ini diharapkan bila ada arus petir yang masuk secara langsung ke jaringan instalasi listrik bisa lepas/dibuang ke grounding bumi dengan tahapa-tahapan yang lebih aman dan pasti.



enangkal Petir

Petir merupakan gejala alam yang sangat komplek, pemasangan penangkal petir hanya dapat bekerja secara efektif sekitar 90%, sedangkan yang 10% lainnya sangat-sangat ditentukan oleh faktor alam atau gejala alam
Contoh :
- Air Terminal Konvensional
- Air Lightning Terminal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar